Senin, 14 Januari 2008

Do'a

Tuhan...
Berikan aku ilmu
untuk memahami manusiamu,
yang sering kejam,
marah dan hanya berfikir
dari kehendak dan mimpi sendiri.
berikan aku kepekaan
buat merasa arus cinta,
kesenangan,kesedihan
atau kesengsaraannya,
karena aku perlu memahaminya
sebelum aku mengundurkan
keterlibatan dengannya.

Tuhan...
berikan aku upaya
untuk hidup bersama
paya, lembah, batu,
pasir, lumpur dan lautan,
karena kaubuatkan aku
makhluk bersamanya,
berikan aku ketenangan
untuk melihat pucuk jadi daun,
menunggu malam dan bintang-bintangnya,
mengikut musim-musim hujan, kemarau, siput, penyu dan burung-burung berkeliaran
karena aku harus
tahu cara alam untuk
kusesuaikan diriku kepadanya.

Tuhan,
berikan aku mata hati yang cerah
untuk kukenali diriku,
segala perubahan yang terkelip di detik,
segala perasaan yang tak mungkin kukawal,
segala arah waktu di depan jalan
karena aku harus tau mengapa aku di sini,
ke mana akan aku kutuju.

--M.H.Salleh, "Do'a"--

Tidak ada komentar: