Selasa, 27 November 2007

Cerita dari 'Pulau Tongkat Besi' alias Celebes


Hum,
dah lama mau tulis ini, tapi apa daya baru sempat sekarang.
baru kali ini dapet kesempatan ke sulawesi (Palu sbg tujuan utama), meski cuman 4 hari, tapi lumayanlah bisa mengenal alam dan budaya orang2nya. agak surprise pas tau dapet jatah kamar tepat di yang ada balkon menghadap laut. hah, bikin pikiran jd agak2 romantis dan melankolis. heuheu.

-pemandangan dari balkon kamar_

4 hari di sana, selain dapet pengalaman tugas rehab pasca konflik kerusuhan SARA, juga bisa kenal kultur budaya teman2 dari Indonesia bagian Tengah tsb. oia, soal beda waktu WITA yang maju 1 jam dari di Jakarta, sempet bikin rada2 ribet juga, karena harus ganti N muter2 jarum jam pas baru nyampe or pas pulang ke Jakarta lagi. hehe, jd mikir, siap2 buat ke jerman deh ^_^ kayaknya bakal lebih ribet :D (haha menghayal)
"tampang norak, makan di resto pinggir laut (ini di luar jendela adalah laut)"

trus juga, ga lupa buat nyobain segala kuliner khas. mulai dari yang namanya nasi jagung campur sayur kelor (yg dibuat mirip2 kolak, karena ni sayur ada pisangnya kayak kolak di bulan puasa). trus juga ada makanan sejenis sop iga sapi yang dinamakan sbg 'kaledo', yg mitosnya klo tamu dari luar sulawesi dateng dan mencicipi 'sop' ini maka biasanya ia akan balik lagi suatu saat mengunjungi sulawesi lagi (especially to palu).Klo malem hari, pinggir pantai ini penuh tenda2 jualan makanan. gw sempet menikmati 'pisang epe' dan wedang jahe sambil memandang laut dan langit yang membentang, trus ada live music juga dari pengamen yang suaranya bagus2 :)

"pemandangan malam lainnya (jembatan 3)"
jembatan ini kayak di san fransisco ya? pernah diresmikan oleh SBY pula lho
Trus, gw dan rekans sempat jalan2 mengunjungi Donggala. Donggala merupakan kota tua yang terletak sekitar 34KM dari kota Palu. Daerah pantainya masi perawan. Pasir putih dan hamparan lautnya jernih banget. Pemandangan di bawah lautnya indah banget. Sayang, gak bawa peralatan snorkling (dan memang minim fasilitas wisata di daerah ini.
-at Donggala-

-Kerang2 hasil buruan-




Secara ya, pasir putih terhampar dan banyak cangkang2 kerang unik bentuknya. langsung aja gw berburu dan ternyata yippii!! sungguh berbakat menjadi 'pemulung handal'. Hasil temuanku, boleh dibilang terunik bentuk2nya (u can see from da pic), plus gw mulung juga batok kelapa. Haha, jadilah troli gw pas pulang tambah berat karena ada batok kelapa dan kerang2nya. Tapi puass!

Pulangnya, mampir dulu di Makassar. Lumayan sempet beli oleh2 bahan sutra buat mommy tercinta. ama beli juice markissa dan kopi toraja buat adek dan pacar tercinta. heheee....

Okay, feel da beat of da life!

Tidak ada komentar: