Rabu, 28 November 2007

Perjalanan mencari jati diri


Ini sejarah sebagai psikolog yang baru lulus. Yang sedang mencari peta jati dirinya. Sebenernya cocokan dan usaha di bidang apa sih? atao jiwanya tuh sebenernya pengen jadi apa sih?

Cerita dimulai sejak dulu, pas baru lulus banget, seorang psikiater dari RSAL (dr.Pramudya, SpKj) yang juga merupakan Pembimbing kasus saat masih praktek sebagai mahasiswa Magister Profesi Psikologi Klinis Dewasa di Universitas Indonesia, mengajak membuat usaha bersama (Psikolog dan Psikiater) berupa lembaga atau biro konsultasi gitu, in which ni biro nantinya bakal 'beda' dengan biro lain, disebabkan spesifikasi kami di bidang klinis-medis. Intinya, jadilah biro itu terbentuk, dengan sharing saham beberapa juta dari tiap2 anggotanya (termasuk daku).

Ngerasain betul2 deh gimana dulu rapat2 ngerancang bikin kerjasama dengan pihak RSAL-nya. Beli2 furniture ampe liat pameran di Senayan bareng temen2 Biro (Catet: yang disayangkan, temen2ku di biro ini tuh dari angkatan seniorku semua, N sebenernya agak2 gak kenal, tapi kok daku berani ambil resiko ya? hehe dasar petualang), fitting baju seragam yg warna ijo pupus itu dan akhirnya tuh baju gak jd dijadikan sbg seragam, karena menurut dr.Pram kurang 'eye catching' gitu deh (secara ya, apa kata tuh dokter, kami mah ho-oh aja, rada tegas soalnya, atut^_^), trus sampe ngedesain2 interiornya, ama design website N logo segala. Gila, gw belajar banyak deh dari sini.

Cukup bangga, klo ngeliat 'ideal consultants' RSAL (i-cons) sekarang jd tambah keren (as u can see in pic). Terimakasih buat teman2 yang masih sedia merawat. Maafkan daku, yang gak punya sama sekali waktu buat jenguk2in. Terakhir ke sana, pas ada klien individual tes IQ itu aja. Seneng aja gitu, saat ngerasa, ni kantor, sekeren ini, milik kita gitu. Tapi gw sekarang minder, sejak gw gak pernah jenguk2 lagi.

Trus, di Al-Azhar, gw kebagian pula mengepalai LKPTI (lembaga konseling dan psikologi terapan islam), ngurus2 design interiornya juga (maap, lupa klo gak ada file potonya), ama ngurus2 alat tes dan design logo buat brosurnya segala. Plus ngurus2 promo-nya. Lumayan jadi kenal 'orang2 gede' di Al-Azhar. Duh, asal jangan gw aja jd ikut2an 'gede', gak siap, N emang gak mau :)

Lalu, beberapa bulan terakhir, gw sempet bikin biro (bertiga sama eci dan melok). Mengusung nama Equilibrium. Pertimbangan kenapa bikin biro lagi adalah kayaknya gak enak deh, manakala tiap bekerja di biro lain (termasuk itungannya sebagai 'biro sendiri' kayak di icons atau di LKPTI) tuh selalu ada 'potongan' sana-sini dari honor yang kita dapet. Hiks, rasanya berat aja gitu. Jd mending kenapa gak dicoba untuk bikin biro sendiri. Equilibrium mengusung profil 'Islamic Consulting', dan lumayan udah beberapa klien, dan enaknya lagi bisa suka2 kita banget (mau nerima klien ato nggak). Hehehe, dasar pemalas!

Duh, betapa indecisivenya kan gw? belum pula menemukan pola yang mana yg paling sesuai ama kebutuhan dan keterbatasan diri sendiri, gonta-ganti bikin biro melulu nih. Tapi kayaknya lama2 gw bakalan prefer bikin biro di bawah nama sendiri juga nih. haha, kind of narcis yg tambah parah kan?

Secara ya, sebagai psikolog tuh gw paling males ama yg namanya proyek psikotes2-an. Males klo cuman ngasi2 label doank ama individu, jika tanpa dibarengi intervensi lebih lanjut (clinicians mode-on :P). Padahal kan biro2 kebanyakannya ya itu main jobnya: psikotes.

Ya wes, lets see da life would be :)

Tidak ada komentar: